Wednesday, December 14, 2011

Gathot

Gathot yang akan kita bicarakan disini bukanlah gathot dalam artian Gagal Total, melainkan sebuah makanan khas dari daerah Gunungkidul. Gathot terbuat dari singkong kering atau gaplek yang pengeringanya kurang sempurna,yang mengakibatkan warnanya menjadi kehitam hitaman. Nah warna gaplek yang kehitam hitaman inilah yang dijadikan bahan pembuat gathot.
Cara pembuatanya lumayan agak rumit dan memakan waktu cukup lama, bisa sampai 2-3 hari. Sebelumnya bahan gathot tadi direndam dahulu menggunakan air yang telah dicampur dengan enjet atau biasa disebut batu gamping yang sudah lunak, selama kurang lebih 2-3hari.
Setelah kelihatan mengembang gathot tadi ditiriskan selama 1jam. Dan kemudian dikukus selama 2jam.  Setelah matang gathot tinggal dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan garam.
Sesuai selera bisa ditambah gula agar rasanya tambah manis.
Kalau saya lebih suka yang tanpa ditambah gula. rasanya lebih gurih. Nah ini adalah sekilas mengenai makanan khas gunungkidul yaitu gathot. Apabila teman teman kepingin mencoba makanan satu ini silahkan datang langsung ke-Gunungkidul. disetiap pasar selalu tersedia makan jenis ini.

artikel terkait by selang-village:

2 comments:

  1. hmmmmmmm enak itu bang kalo dimakan pake kelapa parut.. kapan2 bikin yuuuk bang.. buat jaburan di Xfan

    ReplyDelete