Friday, December 9, 2011

"Kurungan"

Tahukah teman teman semua apa yang dimaksud dengan kurungan. Kurungan adalah sebuah bahasa jawa yang artinya sangkar burung atau ayam. Kurungan ini biasanya terbuat dari bambu, yang dipotong potong kemudian dirangkai sedemikian rupa menjadi sebuah bentuk kotak atau oval dengan bagian bawahnya kotak, dan diberi gantungan agar bisa dicentelkan di atas.Di desa saya di desa Selang termasuk salah satu desa perajin Kurungan, tepatnya di dusun Randukuning,desa Selang, Wonosari, Gunungkidul. Kurungan yang mereka buat asli anyaman sendiri, yang terbuat dari bambu. Masyarakat sekitar dusun Randukuning kebanyakan menggantungkan hidup dengan membuat kerajinan kurungan dan bertani. Kurungan yang mereka buat biasanya jenis kurungan burung, walaupun tidak sedikit juga yang pesan khusus untuk kurungan ayam.
Mudah mudahan ada generasi penerus yang bisa melestarikan kerajinan Kurungan ini, sehingga dusun Randukuning tetap menjadi icon dusun kerajinan kurungan diGunungkidul.



artikel terkait by selang-village:

2 comments:

  1. weeeeeeh aku mau pesen donk sob.. kurunganya..buat kurungan manuk ku... gigigigig

    ReplyDelete
  2. @ipin.... hahahha,,, boleh boleh boleh.... kebetulan kakekku dulu seorang pengrajin kurungan manuk.... kurungan ayam juga ada sob,,,

    ReplyDelete